082 345 892 543 darwisgassing92@gmail.com

Sabtu, 17 Agustus 2013

Indonesia dan Keyakinan didalamnya

02.57

Share it Please
Negara indonesia merupakan negara yang memiliki populasi penduduk yang banyak kurang lebih dari 242,3 Juta jiwa data ini diambil dari Bank dunia. Dari banyaknya jumlah penduduk Indonesia tersebut terdapat keanekaragaman baik masyarakat ataupun keanekaragaman yang lain yang terdapat di Negara ini.
Indonesia dan Keyakinan didalamnya
Agama Indonesia
Salah satu keanekaragaman yang tumbuh dalam lingkup masyarakat ialah keanekaragaman keyakinan atau agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia, Agama yang tumbuh dan yang mendapatkan pengakuan dari pemerintah Indonesia ada lima agama yaitu :

1. Islam

Agama Islam merupakan agama yang paling banyak penganutnya yang ada di Indonesia hampir 90 % dari rakyat indonesia menganut agama ini, pemuka agama Islam disebut Ustad, Ulama, Kyai, dan lain sebainya yang dimana kitabnya adalah Al-Qur,an dan tempat peribadatan yang dikenal didalam Islam adalah mesjid.

2. Katolik 

Agama katolik memiliki tempat ibadah yang dinamakan dengan Gereja, adapun pemuka agamanya adalah pastur sedangkan  kitab yang digunakan adalah Al-kitab yang seing disebut Injil. Menurut kepercayaan katolik tuhan yang mereka imani adalah Yesus Keristus.

3. Kristen

Agama kristen adalah bagian dari katolik sehingga ajaran yang dimiliki oleh agama kristen ,banyak memiliki kesamaan dengan ajaran agama katolik. sehingga kitab suci dan tempat ibadahnya pun sama yaitu Injil dan Gereja dan pemuka Agamanya adalah pendeta.

4.  Hindu

Agama hindu memiliki tempat ibadah yang disebut dengan pura sedangkan pemuka agamanya disebut wasi. Kitab sucinya disebut dengan Weda, dan hari besar keagamaannya adalah nyepi.

5. Budha

Agama Budha memiliki perbedaan tempat dengan Hindu, tempat ibadah Budha yang disebut dengan wihara, Pemuka agamanya adalah Biksu/ Biksuni. Kitab suci agama budha adalah kitab Tripitaka sedangkan hari besar keagamaan yang dilaksanakan oleh Agama ini adalah Waisak.

Kelima Agama ini merupakan agama yang dianut oleh Rakyat Indonesia dan telah terjalin lama sikap saling menghargai sesama penganut Agama walau terkadang pernah ada sekelompok kecil yang mempropokatori sehingga sering terjadi masalah, namun harapan kita diantara perbedaan agama tidak menjadikan Rakyat indonesia terpecah belah sehingga terjalin kerukunan yang berlandaskan Bhineka Tunggal Ika.

0 komentar:

Posting Komentar